Kamis, 09 Maret 2023

8 Spot Wisata di Bali Selain Pantai yang Menakjubkan Ada Air Terjun Desa hingga Canyon

 

Tidak hanya menyuguhkan panorama pantai yang indah, Bali juga menyuguhkan berbagai tempat yang terbaik dan wajib dikunjungi saat libur panjang tiba. Nah ini tentunya sangat cocok bagi Anda yang melakukan wisata Bali namun tidak suka berkunjung ke Pantai.

Siapa yang bilang jika Bali hanya memiliki destinasi wisata pantai, padahal tempat yang mendapatkan julukan Pulau Dewata ini juga menyuguhkan wisata seperti air terjun, panorama alam dan pedesaan, hingga wisata pura dan danau yang sangat indah. Nah simak berikut ini wisata bali terbaru selain pantai yang wajib dikunjungi

1. Air Terjun Leke-Leke

Selain memiliki pemandangan pantai yang mempesona, Bali juga punya air terjun yang menarik untuk mencoba adrenalin kamu, lho. Salah satunya seperti air terjun Leke-Leke.

Walaupun masih asing bagi wisatawan, namun air terjun Leke-leke ini memiliki keindahan tersendiri dari air terjun lainnya yang terletak di Pulau Dewata ini. Air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 32 meter ini terletak di Desa Mekarsari, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Bali.

Jika kamu ingin berkunjung ke tempat yang tenang dan rindang, tentunya air terjun Leke-leke ini sangat cocok menjadi destinasi wisata pilihan kamu.

2. Air Terjun Banyulama

Nah bagi Anda yang ingin berlibur dan menghindari kebisingan di Kota, air terjun Banyulama sangat cocok menjadi destinasi wisata pilihan kamu. Lantaran pemandangan air terjun dan suara gemericik airnya membuat hati tenang seolah pikiran tanpa beban.

Air terjun ini memiliki warna yang hijau yang sangat jernih,s sehingga batuan yang berada di dasar kolam dapat terlihat dari atas ketinggiannya. Sayangnya akses jalan menuju air terjun ini sangat buruk. Tidak hanya itu fasilitas umum seperti toilet ataupun ruang ganti tidak dibangun di tempat ini.

Lokasi air terjun ini terletak di dasar lembah Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

3. Air Kanton Lampo

Tempat wisata bali berikutnya selain pantai, adalah air Kanton Lampo. Yakni sebuah wisata air terjun yang tidak sengaja terbentuk. Air terjun ini memiliki udara yang menyejukan dan asri dengan ditemani suara gemericik air yang menenangkan. Untuk akses air terjun ini mudah dilalui dan berada di Gianyar Bali.

4. Air Terjun Kroya

Main perosotan di air terjun masa sih bisa? Tentu bisa jika Anda berkunjung ke air terjun Kroya Buleleng, Bali. Yups selain memiliki warna air yang cantik, disini wisatawan bisa berseluncur dari batuan yang berbentuk perosotan secara alami. Jangan ragu untuk mencoba, lantaran sudah banyak wisatawan yang datang untuk bermain di perosotan disini.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menjajal untuk melompat dari tebing yang hanya sekitar 5 meter dari air dibawah.

5. Desa Wisata Penglipuran

Selain memiliki keindahan di pemandangan alamnya, Bali juga dikenal memiliki desa yang sangat bersih dan menyejukkan mata. Desa tersebut terletak di Penglipuran, Kabupaten Bangli. Yakni merupakan desa yang berhasil meraih anugerah sebagai desa terbersih di dunia versi majalah Internasional Boombastic, 2019.

Desa ini terkenal akan adat bali yang sangat kental dan bangunan rumahnya yang masih menggunakan arsitektur tradisional.
Nah bagi Anda yang ingin berkunjung kesini, disarankan untuk datang ketika akhir tahun. Lantaran akan ada festival budaya, seperti parade pakaian adat Bali, parade seni budaya, dan masih banyak lainnya.

6. Green Canyon Beji Guwang

Wisata bali terbaru berikutnya yakni Hidden Canyon Beji Guwang, yakni aliran sungai dengan warna biru kehijauan yang membelah tebing tinggi. Meskipun akses jalan wisata ini terkenal terjal dan curam, namun pemandangan dari Green Canyon Beji Guwang ini sungguh spektakuler dan tidak mampu dilukiskan dengan kata-kata.

Uniknya dari pengelolah wisata ini adalah, wisatawan yang berkunjung tidak dikenakan biaya masuk, melainkan hanya diminta donasi sukarela untuk pengembangan dan pembangunan fasilitas wisata Bali ini.

Karena tempat ini masih jarang dijamah wisatawan, maka sebaiknya Anda datang ketika musim kemarau tiba. Untuk menghindari risiko aliran sungai yang deras, dan sebaiknya memakai baju yang sopan karena lokasi ini sangat disakralkan oleh warga setempat.

7. Pura Ulun Danau

Pulau bali memang terkenal akan kentalnya budaya Hindu, maka bagi Anda yang pertama kali akan berkunjung ke Bali tidak usah khawatir atau terkejut jika banyak sesajen yang berada di tempat-tempat wisata.

Nah seperti di Pura Ulun Danu ini, bangunan yang terletak di tepi barat laut Danau Bratan ini merupakan kompleks candi terbesar di Bali. Jadi bagi Anda yang berkunjung di kawasan bedugul, Wajib untuk singgah ke Pura Ulun Danu ini.

Selain menikmati megahnya Pura dan indahnya Danau Bratan, Anda juga bisa mendapatkan pengetahuan terbaru tentang situs-situs bersejarah dari masa Kerajaan Mengwi yang berbentuk artefak serta sarkofagus.

Tempat yang memiliki sebutan Pura Mengapung ini biasanya digunakan sebagai tempat upacara persembahan untuk dewi-dewi Danu, dewi air, dan sungai.

8. Garuda Wisnu Kencana

Selain terkenal akan keindahan pantainya, Bali juga memiliki ikon wisata lain yang tak kalah populer, yakni Garuda Wisnu Kencana (GWK).

Menurut berbagai sumber jika patung tersebut merupakan karya seni dari seniman Nyoman Nuarta. Diketahui juga jika patung Garuda Wisnu Kencana ini mengalahkan tinggi patung Liberty di New York, Amerika Serikat, yang mencapai 93 Meter.

Patung yang menjadi ikon budaya nomor satu di Bali ini, kini menjadi tempat destinasi wisata bali favorit yang wajib dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar